Tipe Pemimpin di era informasi yang berbasis lingkungan

Tipe pemimpin

Tipe-tpe kepemimpin menurut beberapa ahli antara lain ; Menurut GR. Terry tipe pemimpin terbagi dalam 6 kelompok yaitu :
1. Personal leadership
2. Non personal leadership
3. Autoritation leadership
4. Democratic
5. Paternalistis
6. Indogenious

Selanjutnya menurut Kurt Lewis tipe pemimpin ada 3 yaitu :
1. Otokratis
2. Demokratis
3. Laissezfaire

Menurut Ircham Asrori tipe pemimpin dan kepemimpinan yang baik adalah ;
1. Memiliki pengetahuan yang luas
2. Kemampuan menumbuhkembangkan
3. Intuitif
4. Analitik
5. Daya ingat yang kuat
6. Integratif
7. Komunikasi efektif
8. Mendidik
9. Rasionalitas
10. Objektif
11. Pragmatis
12. Menentukan prioritas
13. Naluri yang tepat
14. Rasa kohesi dan relevansi yang tinggi
15. Pendengar yang baik
16. Adaptabilitas
17. Fleksibilitas
18. Ketegasan dan keberanian serta berorientasi masa depan.

Perkembangan zaman

Perkembangan zaman dari zaman primitif hingga saat ini mengalami beberapa fase dengan keunggulan setiap fase atau eranya.

Fase pertama
zaman purbakala, dengan strategi bertahan hidup cukup dengan berpindah dari satu kawasan dengan mengkonsumsi pepohonan yang berbuah hingga habis dan berpindah ke kawasan lain dan pada siklusnya kembali lagi ketempat semula, cara ini disebut dengan nomaden.

Fase kedua bercocok tanam
Dari nomaden manusia mulai mengenal cara bercocok tanam dan menetap pada suatu hamparan pertanian dan peternakan. Pada era ini siapa yang mampu dan mempunyai tenaga maka lahan yang digarapnya akan semakin luas dan ia akan menjadi tuan tanah yang disegani dieranya.Tak salah kalau dizaman ini semboyan banyak anak banyak rezeki berlaku karena tenaga menggarap lahan pertanian semakin banyak dan area yang dimiliki juga akan semakin luas.

Fase modal/mesin
Ditemukannya mesin uap dan berkembang dengan mesin lainnya merubah negara agraris menjadi industrial. Fase ini baru saja kita lewati yang ditandai dengan siapa pemilik modal dengan mesin produksinya maka produknya menguasai dunia dan pemiliknya menjadi orang yang berkuasa. Modal lain yang apabila dapat dikuasai seperti emas, barang tambang lainnya hingga emas hitam (minyak mentah) maka merekalah yang akan menguasai dunia. Tak heran pada era ini banyak negara yang kuat berlomba untuk menancapkan kuku mereka di negara yang miskin dan lemah untuk menguasai emas hitamnya, kadang untuk menguasai tersebut dihembuskan isu Ham dan lainnya.

Fase informasi/kecerdasan
Saat ini era informasi, dimana yang menguasai informasilah yang menguasai dunia. Maraknya dunia industri bahkan sampai melintasi negara sebuah perusahaan holding yang mempunyai anak perusahaan dibanyak negara mendorong penggunaan teknologi informasi untuk mengkordinasikan perusahaannya dengan baik. Dengan memanfaatkan informasi dan segala keunggulannyalah sebuah perusahaan multinasional dapat berkembang dan menguasai dunia.

Dari uraian diatas jelas bahwa dengan tipe pemimpin yang baik dan ideal tersebut ditambah dengan penguasaan teknologi informasi diharapkan akan dapat mengimbangi persaingan dunia yang saat ini berlomba dalam penguasaan informasi dan teknologinya.

Pemimpin yang diharapkan dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik adalah tipe pemimpin yang dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan keputusan dan kebijakan yang berbasis lingkungan. Kenapa lingkungan ? karena isu global warming menyadarkan dunia bahwa mengkonsumsi atau menggunakan produk dan cara produksi yang ramah lingkungan akan mendapat simpati dari masyarakat dunia. Pemimpin yang saat ini tidak berorientasi lingkungan maka pemimpin tersebut akan ketinggalan zaman dan apapun hasil kerjanya akan diboikot oleh masyarakat dunia yang saat ini telah sadar akan arti pentingnya menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan.