MINAPOLITAN UNTUK KAWASAN BATAM

Sebagaimana yang telah dicanagkan MKP Bapak Fadel Muhammad dengan target terbentuknya 200 kawasan minapolitan. Kota Batam berpeluang dan berpotensi untuk menjadi Minapolitan yang kalau diartikan perkata, Mina adalah Ikan dan Politan adalah Kota jadi Minapolitan adalah Kota Perikanan yang berkembang pesat dengan segala produk unggulannya dan sarana serta infrastruktur yang mendukungnya.

Apa yang menjadi produk unggulan Batam sehingga layak untuk dilirik menjadi kawasan mina politan ?. Antara lain adalah salah satu Kecamatan di Kota Batm yaitu Kecamatan Galang terkenal dengan produksi perikanan tangkapnya dibandingkan wilayah lain karena kondisi terumbu karang yang ada di wilayah ini masih tergolong cukup baik dan terjaga dengan kearifan masyarakat sekitarnya. Selain itu melalui Program Coremap II Kota Batam telah banyak dikembangkan usaha budidaya ikan antara lain Keramba Jaring apung dan keramba jaring tancap dengan komoditas utamanya adalah ikan kerapu yang bernilai ekonomis tinggi dan selalu menjadi incaran kapal dari Hongkong untuk membelinya. Selain itu juga pengembangan pengolahan hasil perikanan sudah mulai menunjukkan trend positif dengan produk unggulan kerupuk ikan yang sangat lezat dan gurih. Produk unggulan lainnya yang bakal menjadi primadona dikawasan ini nantinya adalah Rumput Laut yang dewasa ini harganya sangat tinggi baik dipasar lokal maupun internasional.

Dari uraian diatas sudah selayaknya Kota Batam khususnya Kecamatan Galang dijadikan Minapolitan agar yang sudah dikembangkan selama ini lebih terintegrasi dan bankable sesuai yang diharapkan oleh Bapak Mentri Kelautan dan Perikanan.Semoga !!
0 Responses