WORKSHOP CRITC 2008

WORKSHOP

ENTRY DATA DAN ANALISIS CREEL
KOTA BATAM 2008

Latar Belakang

Rehabilitasi terumbu karang dikota Batam secara komprehensif dimulai sejak tahun 2004 yang ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama antara pemerintah daerah dengan pusat di Jakarta. Pada naskah perjanjian tersebut daerah dibebankan dana untuk mendampingi dana pusat sebesar 20 %, jadi jika pusat menggelontorkan dana kedaerah sebesar Rp100 M maka Rp20 M wajib disediakan daerah.

Program rehabilitasi ini diberi nama dengan COREMAP singkatan dari Coral Reef Rehabilitation Management Program yang masa kerjanya lebih kurang 6 tahun yaitu dari tahun 2004-2009.

Dipilihnya Kota Batam untuk masuk dalam program ini dikarenakan terumbu karang yang ada di perairan Kota Batam dinilai masih baik dan belum rusak secara menyeluruh dan dapat direhabilitasi melalui program COREMAP ini.

Semakin susahnya nelayan menangkap ikan dengan semakin memburuknya kondisi perairan baik ekosistem terumbu karang maupun habitat lainnya membuat kehidupan nelayan yang semakin sulit semakin terhimpit. Para nelayan semakin jauh mencari ikan dan ikan yang didapat semakin kecil ukuran dan jumlahnya.

Diperlukan suatu alat ukur yang dapat dipertanggungjawabkan untuk melihat sejauh mana dampak pengrusakan terumbu karang terhadap kehidupan ikan-ikan karang khususnya dan ikan-ikan konsumsi lainnya.

Melalui CREEL yaitu pemantauan perikanan berbasis masyarakat yang dimotori oleh tim CRITC disusunlah kegiatan tersebut yang bertujuan untuk mengetahui secara real time jumlah stok ikan yang tersedia di perairan khususnya lokasi COREMAP dengan beragam indikatornya seperti berat dan jenis ikan serta alat tangkap yang digunakan dan lamanya alat tersebut digunakan untuk mendapatkan ikan.

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka cara perhitungan CREEL ini pun mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Saat ini entry data CREEL sudah dapat dilakukan dengan menggunakan MS. EXCELL yang terprogram secara khusus dan diharapkan dapat memudahkan dalam pengentrian data maupun analisis yang akan dilaksanakan sehingga laporan yang dihasilkan dapat lebih berdayaguna dan bermanfaat.

Maksud dan tujuan

Beranjak dari latar belakang diatas maka dilaksanakan workshop entry data dan analisis creel dengan maksud :
  • Menyeragamkan dalam pengentrian data creel
  • Memudahkan analisa creel

Adapun tujuan dari pelatihan ini antara lain untuk :

  • Dapat mengentri data sesuai dengan sisitem yang diprogramkan
  • Dapat membuat laporan yang standar tentang hasil pemantauan creel
  • Dapat menganilis data creel
  • Dapat memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan

Waktu dan tempat pelatihan

Waktu pelatiahan ini selama 1 hari penuh yang bertempat di Hotel Vista Batam dengan narasumber dari Tim CRITC-LIPI Jakarta.

Foto-foto Pelatihan




















0 Responses